Дървен материал от www.emsien3.com

The best bookmaker bet365

The best bookmaker bet365

Menu

YKU on Air

radio2 resizeAlhamdulillaaah, dengan izin Allah, Yayasan Kemaslahatan Ummat (YKU) diundang untuk acara Talk Show online di Radio Republik Indonesia (RRI) siaran Nasional pada hari Sabtu, 14 September 2013 pukul 09.00 - 10.00 WIB.

YKU diwakili oleh Dewan Pengawas Khairul Syahmega, ST. MSi, Ketua Umum Yulian Gressando ST MSc, Ketua I Drs. Dimyati Thoyyib MBA, dan Ketua II Drs. Gus Setyabudi.

Diskusi dimulai dengan penjelasan tentang sejarah berdirinya YKU pada tahun 2008 oleh Ketua Umum YKU, dimana YKU terbentuk oleh kesamaan visi beberapa orang yang berlatarbelakang profesi bekerja di dunia kemanusiaan dan tergerak untuk bersama-sama berbuat sesuatu untuk kemaslahatan masyarakat Aceh. Ditambahkan bahwa usia para pendiri YKU yang sudah tidak muda lagi, rata2 di atas 30 sampai 40-an; dan usia 40 merupakan "titik kritis" usia seseorang, menuju puncak atau titik kulminasi balik menuju kehancuran. Sedangkan Rasulullaah shollallaahu'alaihi wasallaam mencontohkan bahwa di usia 40 beliau mencapai kematangan jiwa dan diangkat sebagai Rasul Allah Subhaanahu wata'ala.

YKU adalah organisasi sosial kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat yang bersifat nirlaba atau non-profit dan berazaskan Islam.

Ketua I YKU menjelaskan tentang Visi dan Misi YKU:
Visi:
"Mewujudkaan masyarakat Islami yang berakhlak mulia, cerdas, kreatif, inovatif, dan mandiri"

Misi:
- Membina generasi muda berdasarkan keimanan dan ketakwaan.
- Membina akhlak dan budi pekerti.
- Mewujudkan peningkatan mutu pendidikan Islam.
- Membangkitkan semangat belajar yang kreatif dan inovatif.
- Mengadakan pelatihan ketrampilan yang berdaya guna.
- Mengembangkan sains dan teknologi tepat guna, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.
- Menciptakan usaha-usaha yang mendorong tumbuhnya jiwa wirausaha yang mandiri.

Ketua II menguraikan tentang kegiatan YKU dalam bidang pendidikan dan dakwah, selama ini telah dilaksanakan oleh YKU, di antaranya kuliah tauhid untuk pelajar SMA yang pelaksanaan awal telah dilakukan di SMA Labs School, mudzakarah rutin Asmaul Husna dan Al Qur'an bil hikmah di Pesantren Mahasiswa Rj Raja Tawakal setiap hari ba'da Maghrib dan Subuh.

Terdapat beberapa pertanyaan dari pemirsa pendengar setia RRI di antaranya:
- Apakah program-program YKU memberikan bantuan simpan-pinjam kepada masyarakat?
- Apakah YKU adalah organisasi di bawah Pemerintah?

Ada juga anjuran dari pemirsa yang menyatakan:
- Setuju dan gembira dengan YKU dengan kegiatan-kegiatan dalam bidang pendidikan dan dakwah karena akhlak generasi mudah Aceh yang saat ini dirasa sudah semakin jauh dari Al Quran.

Menanggapi pertanyaan-pertanyaan dan tanggapan tersebut, YKU secara positif memberikan apresiasi dan antara lain menyampaikan:
- Bahwa YKU bergerak dalam memberikan santunan dan langsung kepada masyarakat. Misalnya diungkapkan oleh Bpk Dimyati bahwa pada bulan Ramadhan dan Syawal 1434 H ini, YKU menyalurkan santunan dan bantuan kepada lebih dari 500 anak yatim da dhu'afa di seputar Aceh, dari mulai Singkil, Labuhan Haji (Aceh Selatan), Meulaboh (Aceh Barat), Jantho (Aceh Besar), Pidie, dan Banda Aceh. 
- Bahwa YKU tidak berada secara langsung di bawah Pemerintah, tetapi di dalam melaksanakan kegiatan-kegiatannya, YKU selalu berkoordinasi dengan pemerintah dan dinas terkait, termasuk stakeholder lain yang terlibat di desa, antara lain Geuchik, Camat, Muspika, Tuhapeut, hingga MPU (Majelis Perwakilan Ulama). 
- Bahwa YKU setuju dengan tanggapan pendengar tentang pendidikan untuk generasi muda Aceh. Oleh karena itu YKU juga sedang merancang gerakan pendidikan gratis untuk mereka yang tidak mampu. Mohon doa restu dari seluruh pendengar dan pembaca.

Di akhir sesi, YKU menyampaikan bahwa program jangka pendek yang sedang dilaksanakan antara lain:
1. Pemotongan dan Distribusi Hewan Qurban 1434 H.
2. Gerakan 5.000 Al Qur'an dan Terjemah dengan metoda pengajaran Bil Hikmah agar kembali mendekatkan generasi muda usia sekolah tingkat SD/MI, SMP/MTs. dan SMA/Aliyah kembali kepada Al Qur'an.
3. Pemanfaatan energi biogas dari Kotoran Lembu, dimana dalam tahun 2013-2014 YKU sedang bermitra dengan USAID untuk membangun lebih dari 20 reaktor biogas untuk menyalakan kompor dan tenaga listrik untuk rumah tangga.

Harapan YKU: YKU siap untuk menjadi mitra masyarakat untuk menjadikan masyarakat Aceh menjadi masyarakat yang mandiri.

Semoga Allah Subhaanahu wata'ala membimbing masyarakat Aceh ke jalan yang di RidhaiNYA.

radio2 radio3
radio4 radio5
Login to post comments
back to top